--Welcome to My Blog--

Minggu, 30 Juni 2013

Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship Mulai Dari Kehidupan Di Kampus

Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship Mulai Dari Kehidupan Di Kampus

Salah satu cara menekan angka pengangguran adalah dengan menumbuhkan jiwa entrepreneurship para mahasiswa.  Saat ini begitu banyak sarjana yang sulit mendapatkan pekerjaan, apalagi apabila sarjana tersebut tidak memiliki skill (baik softskill maupun hardskill) yang  bagus. Dalam dunia pendidikan dan kerja, seorang mahasiswa dituntut memiliki kemampuan softskill dan hardskill untuk menjadi seseorang yang kompeten. Kemampuan hardskill yang harus dimiliki mahasiswa ialah kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan teknologi . Sedangkan kemampuan softskill yang harus dimiliki seorang mahasiswa ialah kemampuan berorganisasi, berkomunikasi, bertutur bahasa.

Softskill dan hardskill yang baik dapat meningkatkan enterpreineurship seseorang, keduanya dapat dipelajari mulai dari lingkungan kampus. Di kampus pasti banyak sekali wadah untuk memumbuhkan jiwa enterpreneurship. Seperti di kampus saya terdapat komunitas kewirausahaan, komunitas ini membantu anggotanya menjadi enterpreneurship yang baik dengan cara mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan menumbuhkan kreativitas mahasiswa, seperti seminar, bazar, membuat web online shop buat kalangan kampus dan lain-lain.

Selain itu terdapat program kerjasama dari kampus dengan pemerintah yang dapat diikuti mahasiswa, yaitu Program Kreatifitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Kedua program ini membantu mahasiswa menjadi enterpreneurship dengan cara memberikan modal kepada mahasiswa yang lulus seleksi, seleksinya dengan membuat proposal rancana kewirausahaan. Dengan program ini mahasiswa dituntut kreatif, dan memanfaatkan peluang yang ada.

Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut kita dapat mengembangkan jiwa entrepreneurship yang ada dalam diri kita, Bahkan kita dapat memperoleh uang sendiri sehingga kita dapat belajar hidup mandiri dan dapat membantu meringankan beban orangtua kita. Selain itu agar ketika kita lulus tidak sulit mendapatkan pekerjaan bahkan kita dapat membuat lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Jangan takut akan kegagalan, karena kegagalan adalah suatu nilai berharga untuk dijadikan sebuah pembelajaran dalam mengembangkan jiwa entrepreneurship. Kita harus Berusaha mewujudkan cita-cita kita setinggi mungkin, sehingga membuat orang tua kita bangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Totalitas Perjuangan